Waspadai Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja

Waspadai Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja

Posted on

Waspadai Ciri-ciri Penipuan Lowongan Kerja yang banyak terjadi sekarang ini. Dengan berbagai hal-hal yang menggiurkan, mencoba menjaring para lulusan baru atau fresh graduate. Memang sekarang ini mencari pekerjaan tak semudah membalikkan telapak tangan, akan tetapi tidak juga sulit jika menemukan yang tepat dan sesuai dengan keahlian yang dimililki.

Banyaknya para pencari kerja sekarang ini semakin membuka kesempatan terjadinya tindak kriminal atau penipuan. Para target atau pun korban banyak yang berasal dari para lulusan baru atau pun yang baru menginjakkan kaki di sebuah kota. Untuk itu Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk dapat menghindari terkena penipuan lowongan kerja.

Banyak iklan atau pun pengumuman lowongan kerja yang bukan hanya dapat dilihat di media cetak saja, di media sosial atau pun aplikasi mengobrol pun banyak. Dari berbagai perusahaan yang membutuhkan pekerja, memanfaatkan media yang ada. Namun, ada juga yang menggunakan sms atau pun menempelkan selebaran.

Banyaknya kemudahan dalam mencari kerja, menjadikan rentan dengan penipuan, untuk itu Anda perlu mengetahui ciri-ciri penipuan lowongan kerja berikut ini:

1. Tanpa ada wawancara langsung bekerja.

Sudah menjadi sebuaah persyaratan atau standar dalam melamar sebuah pekerjaan, adanya sebuah wawancara atau interview. Lowongan kerja palsu tak akan mengadakan wawancara, dengan alasan membutuhkan cepat atau proses cepat. Mereka akan berusaha meyakinkan korban bahwa akan diterima tanpa hal tersebut.

2. Persyaratan mudah dan tak biasa.

Persyaratan yang terlalu menjadikan banyak lowongan kerja banyak diburu, apalagi jika Anda adalah lulusan baru. Umumnya sebuah pekerjaan memiliki detail persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, jika tak ada persyaratan yang sulit dengan kata lain semua orang dapat melamar, maka Anda perlu waspada.

3. Alamat perusahaan dan tempat interview letaknya jauh berbeda.

Satu lagi ciri-ciri penipuan lowongan kerja yang harus Anda waspadai yaitu adanya perbedaan aalamatperusahaan dengantempat interview. Alamat yang berbeda apalagi jauh jaraknya, harus Anda waspadai karena dapat dipastikan ini merupakan penipuan.

4. Gaji besar yang tak masuk akal.

Yang paling menonjol dari penipuan ini adalah besarnya gaji yang ditawarkan sedangkan Anda tak memiliki kemampuan atau keahlian tertentu. Contohnya gaji yang diberikan 7 juta padahal Anda hanya lulusan SMA saja.

5. Meminta sejumlah dana.

Ada pula yang meminta sejumlah dana di awal dengan alasan untuk mengurus beberapa dokumen. Hal ini banyak terjadi pada lowongan kerja untuk penempatan di luar negeri. Saat Anda menemukan hal seperti ini haruslah waspada, karena sesungguhnya tak ada biaya administrasi di awal pada sebuah pekerjaan.

6. Tulisan terlihat tidak rapih dan tidak professional.

Satu lagi ciri-ciri penipuan lowongan kerja yang dapat dengan mudah ditemukan adalah bentuk atau format tulisan yang tidak rapih. Terkadang tulisan yang digunakan terkesan singkat dan terburu-buru, sering pula diiming-imingin dengan gaji besar. Jika menemukan iklan lowongan kerja seperti ini, sebaiknya Anda waspada.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat sedang mencari lowongan pekerjaan. Karena sekarang ini untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan atau keahlian serta gaji yang besar, tak mudah. Anda harus selalu waspada dan sabar agar tak terjebak dengan penipuan lowongan kerja, apalagi jika harus mengeluarkan dana.

Dengan mengetahui ciri-ciri penipuan lowongan kerja, Anda dapat menghindari menjadi korban dan menemukan yang pas. Jangan mudah tergoda dengan tawaran gaji besar atau mudahnya pekerjaan, karena bisa jadi itu hanya jebakan belaka. Apapun yang ditawarkan, akan lebih baik Anda teliti terlebih dahulu agar terhindar dari penipuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *